SGP_7722

Tanakita adalah camping ground yang didirikan dan dikelola oleh Rakata Alam Terbuka dengan luas area 2 hektar yang terletak di depan Taman Nasional Gede Pangrango, Kadudampit, Cisaat, Sukabumi. Berada di kaki gunung, Tanakita berketinggian 1.100 dpl. Dengan kondisi cuaca rata-rata 20° –22°C (siang hari), 18° –20°C (malam hari), dan kelembapan 85%, Tanakita adalah tempat ideal untuk berkemah. Dengan fasilitas yang nyaman dan bisa menampung maksimal 200 orang, Tanakita menawarkan pengalaman berada di alam terbuka. Tenda di Tanakita dilengkapi dengan fasilitas kamar mandi (air panas), toilet serta musholla. Selain itu, setiap tenda dilengkapi dengan alas lantai, kasur + sprei, sleeping bags, bantal + sarung bantal. Tersedia juga stopkontak untuk charger. Tanakita terhampar dan terbagi dalam 3 level ditambah area Rumamera yang berada di bukit sisi kanannya dan Perkemahan Pinus di sisi kirinya.

Rumamera adalah area perkemahan yang terletak di bukit sebelah area utama Tanakita yang dilengkapi dengan bangunan rumah yang bisa dipakai untuk pertemuan, workshop, atau  nongkrong.

Perkemahan Pinus adalah area camping tambahan terbaru oleh Tanakita dan lokasinya sangat istimewa. Ada beberapa akses menuju perkemahan ini dari berbagai arah dan telah dibuat jalan potong yang membuat jarak menuju Tanakita semakin dekat. Perkemahan Pinus dilengkapi dengan sebuah Kedai Kopi. Area Perkemahan Pinus bisa memuat 40 tenda (yang dibawa sendiri atau disewa, 1 tenda maks. 4 orang).

CVR_3462
tanakita
KE TANAKITA
CVR_9803
ukuran-cropped-gerbang-tanakita
rrrec-fest-in-the-valley-2015-agung-hartamurti-0053-1024x682

Dengan Kereta. Titik Keberangkatan: Jakarta dan/atau Bogor.

Dari Jakarta menuju Sukabumi, naik kereta Commuter Line dan berhenti di Stasiun Bogor. Dari Stasiun Bogor disambung dengan naik kereta dari Stasiun Paledang (berjarak 200 meter dari Stasiun Bogor) dan berhenti di Stasiun Cisaat (Sukabumi). Tiket kereta dari Bogor ke Sukabumi, harus dibeli sebelumnya via online. Jarak antara Bogor ke Sukabumi dengan kereta api kira-kira 2 jam. Tiba di Stasiun Cisaat, bisa naik ojeg atau teruskan berjalan kira-kira 1 kilometer ke arah Pasar Cisaat dan naik angkot berwarna merah yang mengarah ke gerbang Situ Gunung, Taman Nasional Gede Pangrango. Sampaikan ke supir untuk berhenti di Tanakita Camping Ground. Biaya sekitar Rp 10.000 / orang.

Dengan Bis. Titik Keberangkatan: Jakarta dan/atau Bogor.

Dari Jakarta naik bis dari Terminal Kampung Rambutan, Terminal Lebak Bulus, dan Terminal Depok menuju ke Terminal Bogor. Di depan terminal bis Bogor (Baranang Siang) ada angkutan umum L300 yang beroperasi 24 jam menuju Sukabumi dan lewat di depan Kantor Polsek Cisaat. Silakan turun di depan Kantor Polsek Cisaat, disambung dengan naik angkot warna merah yang mengarah ke gerbang Situ Gunung, Taman Nasional Gede Pangrango. Sampaikan ke supir untuk berhenti di Tanakita Camping Ground. Biayanya sekitar Rp 10.000 / orang.

Dengan Bis Bandara. Titik Keberangkatan: Bandara Soekarno-Hatta.

Naik bis DAMRI jurusan Bogor. Sesampainya di Terminal Bogor (Baranang Siang), lanjutkan perjalanan dengan angkutan umum L300 yang beroperasi 24 jam menuju Sukabumi dan lewat di depan Kantor Polsek Cisaat. Silakan turun di depan Kantor Polsek Cisaat, disambung dengan naik angkot warna merah yang mengarah ke gerbang Situ Gunung, Taman Nasional Gede Pangrango. Sampaikan ke supir untuk berhenti di Tanakita Camping Ground. Biayanya sekitar Rp 10.000 / orang.

Dengan Angkot. Titik Keberangkatan: Bogor.

Naik angkot 03 Baranang Siang – Bubulak berwarna hijau garis biru dan turun di Stasiun Paledang (Bogor) untuk pergi ke Sukabumi. Tiba di Stasiun Cisaat, bisa naik ojeg atau teruskan berjalan kira-kira 1 kilometer ke arah Pasar Cisaat dan naik angkot berwarna merah yang mengarah ke gerbang Situ Gunung, Taman Nasional Gede Pangrango. Sampaikan ke supir untuk berhenti di Tanakita Camping Ground. Biayanya sekitar Rp 10.000 / orang. Pilihan ini bisa diambil jika sudah membeli tiket kereta rute Bogor-Sukabumi.

Dengan Kendaraan Pribadi. Titik Keberangkatan: Jakarta.

Dengan kendaraan pribadi, dapat melakukan perjalanan lewat jalan tol ke arah Bogor dan keluar di pintu tol Ciawi. Setelah  perempatan Ciawi, ambil rute yang mengarah ke Sukabumi, lalu belok kiri tepat di depan Polsek Cisaat mengarah ke gerbang Situ Gunung, Taman Nasional Gede Pangrango. Tanakita Camp berjarak 200 meter di sisi kiri gerbang.